Apa Saja Yang Termasuk Alat Input

1. Perangkat Masukan 

Perangkat masukan (bahasa Inggris: input device) adalah semua periferal 
(perangkat keras komputer) yang digunakan untuk memberikan data dan sinyal 
kendali untuk suatu sistem pemrosesan informasi, misalnya komputer. Perangkat 
masukan dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal: 
 (a) cara masukan, misalnya melalui gerak mekanis atauaudio; 
 (b) masukan diskret (tekanan tombol) atau kontinu (posisi tetikus); serta 
 (c) derajat kebebasan gerakan, misalnya dua dimensi pada tetikus standar dan 
tiga dimensi pada navigator untuk aplikasi CAD. Jenis perangkat masukan utama 
antara lain adalah papan ketik, perangkat penunjuk, pemindai, perangkat 
masukan video (kamera, dll.), serta perangkat masukan audio (mikrofon, dll.). 
Perangkat Pengetikan 

Keyboard

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan 
data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, 
karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan 
perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka 
file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang 
diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada 
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard 
yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, 
keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar 
Organization).Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.Keyboard 
sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb 
dan wireless. 
Jenis-Jenis Keyboard : 
1.) QWERTY 
2.) DVORAK 
3.) KLOCKENBERG


Gambar Keyboard 

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, 
yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard 
QWERTY memiliki empat bagian yaitu : 
1. typewriter key 
2. numeric key 
3. function key 
4. special function key. 

ATM (Automated Teller Machine)

Biasa disebut Anjungan Tunai Mandiri biasa digunakan dalam perbankan. 
Perangkat ini memungkinkan kita melakukan transaksi pengambilan uang tunai, 
pembayaran berbagai jenis tagihan, transfer uang. 
ATM bekerja sebagai perangkat I/O sekaligus. Sebagai perangkat masukan, 
ATM memungkinkan pemakai memasukkan nomor PIN (Personal Identification 
Number), angka uang, dan hal-hal lain yang tersedia pada menu. Adapun 
sebagai perangkat keluaran, ATM memungkinkan pemakai (petugas bank) 
melihat perintah maupun kode dang angka yang diketikkan pada perangkat


Gambar ATM

Point of Sale (POS)

Merupakan perangkat yang digunakan pada toko-toko untuk memasukkan data 
pembelian. Biasanya perangkat ini selain berisi tombol seperti keyboard, lengkap 
dengan angka-angka, juga masih ditambah fasilitas yang memungkinkan untuk 
memproses kartu kredit atau kartu debit. 
Point Of Sale atau disingkat POS dapat diterjemahkan bebas menjadi sistem 
kasir, yaitu aktivitas yang ber-orientasi pada penjualan yang terjadi pada bidang 
usaha retail. Mengapa POS ini menjadi terlihat sangat penting? Hal ini semata-
mata adalah karena POS merupakan terminal tempat uang diterima dari 
pelanggan ke toko retail. Bagi pemilik usaha, uang masuk adalah indikator yang 
paling mudah untuk mengukur pendapatan, yang disebut dengan OMZET. 
POS juga menjadi penting karena seiring dengan berkembangnya usaha, sistem 
kasir akan dijalankan bukan oleh pemilik, namun oleh karyawan. Karena itu 
pemilik wajib tahu apa yang dikerjakan oleh kasir, dan berapa uang yang 
didapatkan secara tepat. 
Karena itu dewasa ini, sistem POS atau kasir telah digantikan oleh sistem 
komputer kasir. Walaupun tahap implementasi awal terlihat lebih rumit, namun 
fitur yang disediakan jauh melebihi dari cash register.


Gambar Pos

Perangkat Penunjuk 

Perangkat penunjuk (bahasa Inggris: pointing device) adalah perangkat masukan 
(lebih spesifiknya, perangkat antarmuka manusia) yang memungkinkan 
pengguna untuk memasukkan data spasial (kontinu dan multidimensi) ke dalam 
suatu komputer. Sistem CAD dan antarmuka pengguna grafis (GUI) 
memungkinkan pengguna untuk mengendalikan dan memberikan data kepada 
komputer dengan menggunakan gestur fisik—tunjuk, klik, dan seret—misalnya 
dengan menggerakkan tetikus di atas permukaan destop fisik dan mengaktifkan 
tombol pada tetikus tersebut. Gerakan perangkat penunjuk akan diteruskan ke 
layar dengan bergeraknya penunjuk atau kursor serta berbagai perubahan visual 
lain. 
Perangkat penunjuk secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang 
berdasarkan gerakan objek dan yang berdasarkan sentuhan pada suatu 
permukaan. Contoh jenis pertama adalah tetikus dan bola jejak (trackball), 
sedangkan contoh jenis kedua adalah bantalan sentuh (touchpad), tablet grafis 
(graphics tablet), layar sentuh, dan tuas kontrol. 
Mouse
Sebuah mouse adalah perangkat genggam kecil yang mendorong di atas 
permukaan horisontal. Sebuah mouse pointer bergerak grafis dengan menjadi 
meluncur di permukaan halus. Mouse roller-bola konvensional menggunakan 
bola untuk membuat tindakan ini: bola berada dalam kontak dengan dua lubang 
kecil yang ditetapkan di sudut kanan satu sama lain. Saat bola bergerak memutar 
poros tersebut, dan rotasi diukur oleh sensor di dalam mouse. Jarak dan arah 
dari sensor ini kemudian ditransmisikan ke komputer, dan komputer bergerak 
pointer grafis pada layar dengan mengikuti gerakan mouse. Mouse lain yang 
umum adalah mouse optik. Perangkat ini sangat mirip dengan mouse 
konvensional tetapi menggunakan cahaya tampak atau inframerah


Gambar Mouse

Trackball

Sebuah trackball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari bola bertempat di 
soket yang mengandung sensor untuk mendeteksi rotasi bola sekitar dua sumbu, 
mirip dengan mouse terbalik: sebagai pengguna gulungan bola dengan ibu jari, 
jari, atau telapak pointer di layar juga akan bergerak. Tracker bola biasanya 
digunakan pada workstation CAD untuk kemudahan penggunaan, mana mungkin 
tidak ada ruang meja yang menggunakan mouse. Beberapa mampu klip ke sisi 
keyboard dan memiliki tombol dengan fungsi yang sama seperti tombol mouse. 
Ada juga trackball nirkabel yang menawarkan jangkauan yang lebih luas dari 
posisi ergonomis bagi pengguna. 


Gambar Trackball

Pointing Stick

Sebuah tongkat penunjuk adalah inti tekanan kecil yang sensitif digunakan 
seperti joystick. Hal ini biasanya ditemukan pada laptop tertanam antara 'G', 'H', 
dan 'B' kunci. Ini beroperasi dengan merasakan gaya yang diberikan oleh 
pengguna. Yang sesuai "mouse" tombol biasanya ditempatkan tepat di bawah 
spasi . Hal ini juga ditemukan pada tikus dan beberapa keyboard desktop. 

Gambar Pointing Stick

Touchpad

Sebuah touchpad atau trackpad adalah permukaan datar yang dapat mendeteksi 
kontak jari. Ini adalah perangkat penunjuk stasioner, biasanya digunakan pada 
komputer laptop . Setidaknya satu tombol fisik biasanya dilengkapi dengan 
touchpad, namun pengguna juga dapat menghasilkan klik mouse dengan 
menekan pada pad. Fitur lanjutan mencakup sensitivitas tekanan dan gerakan 
khusus seperti bergulir dengan menggerakkan jari seseorang di sepanjang tepi. 
Ini menggunakan grid dua lapisan elektroda untuk mengukur gerakan jari: satu 
lapisan memiliki strip elektroda vertikal yang menangani pergerakan vertikal, dan 
lapisan lainnya memiliki strip elektroda horisontal untuk menangani gerakan 
horisontal. 

Gambar Touchpad 

Touch Screen

Sebuah touchscreen adalah perangkat tertanam ke layar TV monitor, atau sistem 
LCD Monitor layar dari laptop komputer. Pengguna berinteraksi dengan 
perangkat dengan menekan fisik item ditampilkan pada layar, baik dengan jari-
jari mereka atau beberapa alat bantu. 
Beberapa teknologi dapat digunakan untuk mendeteksi sentuhan. Sentuh resistif 
dan kapasitif memiliki bahan konduktif tertanam dalam gelas dan mendeteksi 
posisi sentuhan dengan mengukur perubahan dalam arus listrik. Infrared 
pengendali proyek grid sinar inframerah dimasukkan ke dalam bingkai yang 
mengelilingi layar monitor itu sendiri, dan mendeteksi di mana penyadapan objek 
balok. 
Touchscreens modern dapat digunakan dalam hubungannya dengan stylus 
perangkat menunjuk, sementara mereka didukung oleh inframerah tidak 
memerlukan sentuhan fisik, tetapi hanya mengenali gerakan tangan dan jari 
dalam beberapa rentang jarak minimum dari layar real. 
Touchscreens menjadi populer dengan pengenalan Palmtop komputer seperti 
yang dijual oleh Palm, Inc produsen hardware, beberapa kelas kisaran tinggi dari 
komputer laptop, ponsel smartphone seperti HTC atau Apple Inc iPhone , dan 
ketersediaan driver perangkat touchscreen standar ke yang Symbian , Palm OS , 
Mac OS X , dan Microsoft Windows sistem operasi.


Gambar Touch Screen

Joystick

Tuas kontrol atau tongkat ria atau Tuas Kendali (bahasa Inggris: joystick) adalah 
alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. 
Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. 
Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan 
video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. 
Tuas kendali telah menjadi alat kontrol utama pada kokpit pesawat terbang, 
termasuk pesawat jet dan pesawat militer, baik sebagai tuas utama ataupun tuas 
di sisi-sisinya. Tuas kendali juga digunakan untuk mengontrol mesin seperti 
mesin derek, truk, kursi roda, kamera pengawas dan mesin pemotong rumput. 
Miniatur dari tuas kendali finger-operated telah diadopsi sebagai alat input untuk 
peralatan elektronik kecil seperti telepon seluler (ponsel). 


Gambar Joystick

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Konversi Suhu Sederhana Dengan PHP

Contoh program menghitung nilai siswa dengan bahasa C#